Hi pawrents, bandel atau terlalu malas? 2 Alasan ini sering banget jadi hambatan anjing untuk bisa belajar hal-hal baru.

Yang satu aktifnya pake banget, yang lainnya saking magernya.. bergerak aja gak mau.

Apakah anjing kamu sama banget sifatnya seperti diatas? Mau dilatih tapi susah banget?

Yuk mari simak artikel ini, karena ini pasti akan ngebantu kamu

Dog Training Wallpapers - Top Free Dog Training Backgrounds -  WallpaperAccess

Sumber gambar: WallpaperAccess

Pernah gaksih kamu punya anjing yang semangatnya minta ampun atau justru, Malah males bergerak? Ada rahasianya caranya mudah lho ternyata! Jadi, sebelum dilatih, anjing tersebut harus memiliki ikatan. Ikatan sama siapa? Sama kamu tentunya! Membangun ikatan itu bisa dengan semangat positif, seperti memberikan motivasi untuk bermain kepada anjing kamu.

Contohnya aktivitas yang bisa membangkitkan semangat bermain anjing kamu adalah mengajak bejalan-jalan, memberikan snack, bermain petak umpet, bermain lempar dan tangkap, atau olahraga bareng anjing kamu juga oke kok! Setelah nge”bonding” dengan anjing kamu, cara melatihnya pun harus hati-hati.

Jangan kelamaan, ternyata waktu berlatih yang terlalu lama menyebabkan anjing hilang fokus. Oleh karena itu, batasi waktu Latihan mereka sampai 10 menit saja ya. Jika pawrents ingin melatihnya lebih lama boleh, asal beri mereka waktu istirahat. Selanjutnya mood kalian harus hepi. Mood kamu dan anjing harus baik dan riang. Jika sudah merasa mulai jenuh sebaiknya ditentukan terlebih dahulu sesi latihannya ya pawrents.

Satu persatu, berbeda dengan otak manusia, anjing tidak bisa memproses sesuatu yang kompleks, jadi latih satu-satu. Contohnya, untuk melatih berbaring atau “lie down”. Kamu harus melatihnhya untuk duduk (sit) terlebih dulu. Jika anjingmu sudah bisa, dari posisi duduk arahkan dia ke posisi berbaring sambal menyebutkan perintah “lie down”.

Never Punish! Jangan pernah memukul keras anjingmu dengan alas an mendisiplinkan. Karena, hal itu cuma bikin mereka trauma dan malah takut sama kamu! Sebagai gantinya, jika mereka melakukan kesalahan katakana “No”. Untuk sementara jangan disayang-sayang dulu ya pawrents.

Hargai kemajuan sekecil apapun. Bahkan sekecil, contohnya kemarin anjingmu hanya bisa diam selama 2 detik, terus hari ini bisa 3 detik. Berikan mereka pujian dan jangan lupa kasih snack kesukaannya.

Semoga bermanfaat ya pawrents! 

Jika ingin melihat konten yang serupa, cek instagram kami @gustaveterinary

× Chat dengan Client Care kami